Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2022): Mei

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Astia Ningsih (Universitas Muhammadiyah Metro)
Triani Ratnawuri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Tiara Anggia Dewi (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar, tujuan untuk mengetahui penggunaan model Cooperative Learning Tipe TGT berbantu Media Question Box berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Hasil analisis perhitungan menggunakan regresi linear sederhana dengan nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 10% yaitu 1,595 > 1,314. Sehingga ada pengaruh positif penggunaan model Model Kooperatif Tipe TGT berbantu Media Question Box terhadap hasil belajar kelas VII B IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Banjar Margo Tahun Pelajaran 2020/2021 pada pokok pembahasan masalah interaksi sosial dalam mata pelajaran IPS terpadu. Peserta didik yang dinyatakan tuntas KKM 75 setelah diberikan treatment sebanyak 21 atau 72,41% dan peserta didik yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 8 atau 27,59%, Sedangkan hasil belajar peserta didik berupa aspek kognitif dari kelas kontrol dengan hanya menggunakan metode konvensional pada saat proses pembelajaran yaitu hasil pre-test yang dinyatakan tuntas mencapai 7 peserta didik (24,13%), setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional peserta didik yang tuntas belajarnya berjumlah 16 peserta didik (55,17%). Sehingga peneliti dapat menerapkan penggunaan model Cooperative Learning Tipe TGT berbantu Media Question Box dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...