Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 4 (2013)

TUTURAN ASERTIF SISWA KELAS V SD NEGERI I RAJABASA RAYA BANDARLAMPUNG

Heri Prihartono (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)
Mulyanto Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2013

Abstract

The problem discussed in this research is the assertive speech learning interaction of the fifth grade in the elementary school 1 in Rajabasa Bandarlampung. The aim of this research is to describe the assertive speech that occured in the teaching learning interaction of the students in 5A, 5B, and 5C grades. The method that is used in this research is the qualitative descriptive method. The source of the data in this research is the speeches of the students and the teachers that occured in the teaching learning interaction in the class. Based on the research's result that is god the assertive speech as the assertive expression, the assertive speech as the directive speech act, and the assertive speech as the expressive speech act. The found of this research in the studying of Indonesian Language can be implicated to the speaking skill.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tuturan asertif dalam interaksi belajar kelas 5 SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandarlampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrispsikan tuturan asertif terjadi pada saat interaksi belajar mengajar siswa kelas 5 A, 5 B dan 5 C. Metode dalam penelitian ini ,menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru yang terjadi dalam interaksi belajar mengajar di kelas. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh tuturan asertif sebagai ekspresi asertif, tuturan asertif sebagai ekspresi tindak tutur direktif dan tuturan asertif sebagai ekspresi tindak tutur ekspresif. Temuan penelitian ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diimplikasikan dengan ketrampilan berbicara.Kata kunci: asertif, ekspresi, tuturan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...