Patria Educational Journal
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2 Juni 2022

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi dengan Strategi RAFT untuk siswa SMP/MTs kelas VII

Munitasari Munitasari (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sri Utami (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Lailiyatus Sa'diyah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

n dalam Kurikulum 2013 memusatkan teks sebagai sarana untuk mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk bahasa Indonesia. Pada pelajaran bahasa Indonesia, terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa. Keterampilan tersebut meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis teks deskripsi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII. Melalui pembelajaran teks deskripsi siswa dapat mengembangkan kreativitas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks deskripsi dengan strategi RAFT. Peneliti melakukan validasi produk, uji kepraktisan produk, dan uji kemenarikan produk untuk mengetahui kelayakan produk. Peneliti melakukan validasi produk pada ahli materi dan ahli bahan ajar, sedangkan uji kepraktisan dan kemenarikan produk dilakukan di MTs Al Muslihuun Tlogo, Kanigoro, Blitar. Penelitian ini menggunakan model pengem bangan 4-D. Penilaian kelayakan bahan ajar teks deskripsi dengan strategi RAFT menggunakan angket yang dilakukan oleh empat empat responden, yakni ahli materi, ahli bahan ajar, praktisi (guru bahasa Indonesia), dan siswa. Hasil penilaian produk oleh ahli materi diperoleh rata-rata 90%, ahli bahan ajar diperoleh rata-rata 75%, guru bahasa Indonesia diperoleh ratarata 96%, dan siswa diperoleh rata-rata 84%. Sehingga bahan ajar teks deskripsi dengan strategi RAFT dikategorikan layak dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada kelas VII. Abstract: Learning in the 2013 Curriculum centralizes text as a means of studying a wide range of subjects, including Indonesian. In Indonesian lesson, there are four skills that must be mastered by students. These skills include listening, speaking, reading, and writing. Writing a description text is one of the skills that must be mastered by class VII students. Through text learning descriptions students can develop creativity and apply it in everyday life. This research aims to develop teaching materials to write description texts with RAFT strategies. Researchers conduct product validation, product practicality tests, and product safety tests to find out the feasibility of the product. Researchers validated the product on materials experts and teaching materials experts, while the practicality and product efficacy test was conducted at MTs Al Muslihuun Tlogo, Kanigoro, Blitar. This study uses a 4-D development model. Assessment of feasibility of reading text with RAFT strategy using questionnaires conducted by four four respoden, namely material experts, teaching materials experts, practitioners (teachers Indonesian), and students. Product assessment results by material experts are obtained an average of 90%, teaching materials experts are obtained an average of 75%, teachers Indonesian obtained an average of 96%, and students obtained an average of 84%. So that the teaching material of the description text with RAFT strategy is categorized as feasible and can be implemented in the learning process in class VII.n dalam Kurikulum 2013 memusatkan teks sebagai sarana untuk mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk bahasa Indonesia. Pada pelajaran bahasa Indonesia, terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa. Keterampilan tersebut meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis teks deskripsi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII. Melalui pembelajaran teks deskripsi siswa dapat mengembangkan kreativitas dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks deskripsi dengan strategi RAFT. Peneliti melakukan validasi produk, uji kepraktisan produk, dan uji kemenarikan produk untuk mengetahui kelayakan produk. Peneliti melakukan validasi produk pada ahli materi dan ahli bahan ajar, sedangkan uji kepraktisan dan kemenarikan produk dilakukan di MTs Al Muslihuun Tlogo, Kanigoro, Blitar. Penelitian ini menggunakan model pengem bangan 4-D. Penilaian kelayakan bahan ajar teks deskripsi dengan strategi RAFT menggunakan angket yang dilakukan oleh empat empat responden, yakni ahli materi, ahli bahan ajar, praktisi (guru bahasa Indonesia), dan siswa. Hasil penilaian produk oleh ahli materi diperoleh rata-rata 90%, ahli bahan ajar diperoleh rata-rata 75%, guru bahasa Indonesia diperoleh ratarata 96%, dan siswa diperoleh rata-rata 84%. Sehingga bahan ajar teks deskripsi dengan strategi RAFT dikategorikan layak dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada kelas VII.Abstract: Learning in the 2013 Curriculum centralizes text as a means of studying a wide range of subjects, including Indonesian. In Indonesian lesson, there are four skills that must be mastered by students. These skills include listening, speaking, reading, and writing. Writing a description text is one of the skills that must be mastered by class VII students. Through text learning descriptions students can develop creativity and apply it in everyday life. This research aims to develop teaching materials to write description texts with RAFT strategies. Researchers conduct product validation, product practicality tests, and product safety tests to find out the feasibility of the product. Researchers validated the product on materials experts and teaching materials experts, while the practicality and product efficacy test was conducted at MTs Al Muslihuun Tlogo, Kanigoro, Blitar. This study uses a 4-D development model. Assessment of feasibility of reading text with RAFT strategy using questionnaires conducted by four four respoden, namely material experts, teaching materials experts, practitioners (teachers Indonesian), and students. Product assessment results by material experts are obtained an average of 90%, teaching materials experts are obtained an average of 75%, teachers Indonesian obtained an average of 96%, and students obtained an average of 84%. So that the teaching material of the description text with RAFT strategy is categorized as feasible and can be implemented in the learning process in class VII.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...