Jurnal Kependidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Kependidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII MIA 4 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Maria Ulfah (SMA Negeri 3 Sumbawa Besar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika pada materi Rangkaian Arus Searah di kelas XII MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika siswa pada materi rangkaian arus searah melalui model pembelajaran discovery learning di kelas XII MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Siklus I guru memberikan materi ajar besaran-besaran arus listrik searah, penilaian dilakukan oleh guru dan observer (guru serumpun pelajaran) dengan menggunakan lembar instrumen dari aspek kognitif, dan keaktifan belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada siklus II guru memberikan materi ajar gabungan GGL dan hukum Kirchoff. Hasil evaluasi dan refleksi keseluruhan di siklus I diperoleh hasil yaitu dari 29 siswa yang diteliti dihasilkan rata-rata nilai sebesar 76,93 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,76% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 80,45 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89,66% dengan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,9%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sudah melampaui ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Adapun dari segi keaktifan siswa diperoleh hasil pada siklus I sebesar 62,93% kategori cukup baik mengalami peningkatan keaktifan siswa sebesar 81,03 kategori baik dengan rata-rata peningkatan keaktifan siswa sebesar 18,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Fisika pada materi rangkaian arus searah melalui model pembelajaran discovery learning di kelas XII MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...