Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 3 (2014)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE SISWA SMA NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG

Arifah Nur Isnaini (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)
Ali Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2015

Abstract

The purpose of this research is to describe code mixing and code switching in Bahasa Indonesia learning process of the students at the eleventh year of SMA Negeri 1 Seputih Agung Central Lampung. This research uses descriptive qualitative method. The result of the research shows that code mixing and code switching happened in the learning process of Bahasa Indonesia. Out of forty seven data of code mixing produced by the students of the eleventh year of SMA Negeri 1 Seputih Agung, there are nineteen words, twenty three phrases, and five clause code mixing data. Meanwhile, out of twenty data of code switching, there are nineteen internal code switching data and one external code switching datum.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan campur kode dan alih kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan yang dilakukan siswa pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia terjadi peristiwa campur kode dan alih kode. Dari empat puluh tujuh data campur kode yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung, terdapat sembilan belas campur kode kata, dua puluh tiga campur kode frasa, dan lima campur kode klausa. Sementara itu, dari dua puluh data alih kode yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Agung terdapat sembilan belas alih kode internal dan satu alih kode eksternal.Kata kunci: alih kode, campur kode, pembelajaran bahasa indonesia.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...