Pengaruh Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tongauna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data motivasi belajar peserta didik, untuk mengetahui data hasil belajar matematika, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Tongauna. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 3 Tongauna yang terdiri dari 156 peserta didik tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, teknik purposive sampling adalah suatu teknik penentuan dan pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengisian angket motivasi belajar dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi ???? = 21,17 + 0,30????, dengan koefisien determinasi sebesar 13,78% dan ditentukan oleh faktor lain sebesar 86,22%, dan diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar dalam pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Copyrights © 2022