Fokus penelitian ini adalah menganalisis pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linier dengan metode Eleminasi Gauss Jordan. Penelitian ini dilaksanakan di semester gasal TA 2021-2022 pada mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2020 yang tengah menempuh matakuliah Aljabar linier. Penelitian ini menggunakan Tes dan wawancara sebagai Teknik pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan model analisis Miles and Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukakan didapat informasi bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif yang berbeda memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula, sebagaimana dapat dijabarkan berikut: 1) subjek FD dan FI dapat menyebutkan informasi-informasi penting dalam soal, hal ini menunjukkan keduanya memiliki kemampuan memahami masalah yang baik, 2) Saat diwawancara, Subjek FI dapat dengan lancar dan tepat menyebutkan langkah-langkah penyelesaian SPL dengan metode eleminasi gauss jordan, sedangkan Subjek FD agak terbata-bata, namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi dengan maksimal melalui hasil tes keduanya. 3) Subjek FI dan Subjek FD kurang mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik, Subjek FD kurang mampu dalam menentukan OBE yang tepat untuk membentuk matriks eselon terduksi, sedangkan Subjek FI salah dalam melakukan perhitungan dan 4) Subjek FD tidak melakukan tahap pengecekan ulang, karena penyelesaian yang dikerjakan tidak pernah sampai penarikan kesimpulan, sedangkan Subjek FI juga tidak melakukannya karena terburu-buru.
Copyrights © 2022