Pembelajaran tematik memiliki ciri khas yaitu student centered dengan menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan dan mata pelajaran pembelajaran. Motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran tematik menjadikan siswa memiliki tujuan untuk berprestasi dengan terlibat aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan atau mempertahankan kemampuannya agar memperoleh hasil belajar yang terbaik berdasarkan standar hasil belajar yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data angket. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 orang guru dan 45 siswa kelas V SD tahun ajaran 2021/2022 yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD memiliki konsep diri yang positif yaitu bekerja keras dan berharap untuk sukses sehingga motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran tematik berada pada kategori motivasi berprestasi sangat tinggi (86 persen)
Copyrights © 2022