J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 2 (2022): JUNI

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO DI SMK

Intan Fathimatur Rohmah (UNIVERSITAS GALUH)
Utty Suwirta (Unknown)
Yuyun Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Rendahnya motivasi belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya motivasi belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 3) Perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 2) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang, 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan mikro di SMK Komputama Majenang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...