Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR

Nurul Aulia (Universitas Ibn Khaldun)
Mohammad Muhyidin Nurzaelani (Universitas Ibn Khaldun)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan video untuk mendukungproses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika pada pokok bahasan Persamaan Lingkaran di kelas 11 Multimedia 2 di SMK Tri Dharma 2 Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carrey. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 Multimedia 2 di SMK Tri Dharma 2 Bogor. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, hasil penilaian kelayakan uji coba ahli desain pembelajaran terhadap media video adalah 76,19% (layak). Kemudian hasil penilaian kelayakan uji coba ahli media terhadap media video adalah 74,66% (layak). Selanjutnya hasil penilaian kelayakan uji coba ahli materi terhadap media video adalah 82,5% (sangat layak). lalu hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan terhadap media video adalah 81,428% (layak) dan hasil penilaian kelayakan uji coba perorangan terhadap media video adalah 85,71% (sangat layak).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...