CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 1 (2022)

STUDI KOMPARATIF INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL KOGNITIF PESERTA DIDIK

Rahmi, Ayu (Unknown)
Fitriani, Henni (Unknown)
Mellyzar, Mellyzar (Unknown)
Mauliani, Cut Nurisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model inkuiri terbimbing dengan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia di kelas X SMK Negeri 1 Gandapura. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu postest-only design. Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas X TKR 1 dan X TKR 2. Teknik pengumpulan data menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis pada setiap variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung ttabel, yaitu 6,6731,701 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara model inkuiri terbimbing dan discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia di Kelas X SMK Negeri 1 Gandapura. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Ikatan Kimia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...