CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 1 (2022)

PENGGUNAAN E–MODUL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Wildawani Siregar (Universitas Islam Sumatera Utara)
Adilah Wirdhani Lubis (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan, untuk itu perlu untuk suatu bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah bahan ajar berupa modul elektronik berbasis problem based learning. Pada dasarnya model pembelajaran PBL yaitu kegiatan belajar mengajar yang menuntut untuk peserta didik memikirkan serta masalah nyata yang dipecahkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatam eksperimen kuantitatif dimana hasil yang diperoleh yaitu berupa hasil belajar (post-test). Analisis hasil belajar (post-test) terhadap pembelajaran e-modul didasarkan pada pencapaian siswa dalam menyelesaikan tes hasil belajar. Nilai maksimal pada tes hasil belajar adalah 100 dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan pada mata pelajaran kimia yaitu 75. Berdasarkan hasil belajar (post-test) yang diberikan kepada peserta didik diperoleh nilai sebesar 82% yang berada di kategori baik yang diartikan diatas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sifat Koligatif Larutan dapat memberikan pengaruh yang baik pada hasil belajar siswa SMA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...