Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 2 No 1: April (2022)

Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Israwati Israwati (Universitas Negeri Makassar)
Lukman Lukman (Universitas Negeri Makassar)
Andi Nasrawati Hamid (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Kemampuan kognitif anak usia dini akan mengalami penghambatan perkembangan jika tidak diberikan intervensi yang tepat diawal masa pertumbuhan. Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas media flashcard pada menaikkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini memakai metode eksperimen kuasi dengan menggunakan untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Jumlah sampel sebanyak 14 responden. Alat ukur yang dipakai merupakan alat ukur kemampuan kognitif yang disusun oleh peneliti sendiri. Alat ukur kemampuan kognitif yang digunakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Tahun 2014 yang memiliki aspek belajar dan dengan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik pada anak usia dini. Analisis data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T Test menggunakan nilai signifikansi 0,019 (p<0,05). Hal ini berarti media flashcard efektif pada menaikkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pemberian media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak usia dini sangat memberikan pengaruh yang baik pada kemampuan tahap selanjutnya dalam proses perkembangannya dengan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...