Metode yang digunakan dalam pembelajaran di TK Al. Hidayah masih bersifat konvensional dan kurang menmarik, sehingga menyebabkan keterampilan berbicara siswa menjadi rendah, seperti siswa masih malu dalam berbiacara dan pasif dalam berkomunikasi dengan guru dan sesama teman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap keterampilan siswa dalam berbicara. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua siswa TK AL-Hidayah Gondek tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua. Teknik True Eksperimen Design dengan menggunakan desain Pre-test dan Post-test Control Group Design, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil keterampilan siswa dalam berbicara yang diberi perlakuan dengan menggunakan Media Film Animasi Kelompok Eksperimen dengan Metode Ceramah kelompok kontrol. hasil dapat disimpulkan pengunaan media film animasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan siswa dalam berbicara.
Copyrights © 2022