Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 3 No. 2 (2022): APRIL-JUNI (JMCH)

Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Di Klinik Gigi Dan Mulut Swasta Kota Makassar: The Analysis Of Patient Perception On Services Quality By Reutilize Interest At Makassar Cities Dental And Mouth Private Clinic

Andi Riska Aprilia (Kimia Farma Kota Makassar)
Arman Arman (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Samsualam Samsualam (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Latar Belakang: Beberapa Klinik memiliki standar pelayanan dan kualitas yang berbeda. Klinik dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas baik, memenuhi standar teknis dan harapan pelanggan. Kualitas pelayanan yang baik menciptakan kepuasan kepercayaan bagi pasien dan keluarganya untuk memanfaatkan pelayanan kembali. Minat masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah persepsi pasien akan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Di Klinik Gigi Swsta Kota Makassar Metode: penelitian ini adalah Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Metode analisis data menggunakan analisis statistik chi square dengan menggunakan Program komputer dengan batas kemaknaan α = 0.05. Hasil: penelitian ini didapatkan ada hubungan antara persepsi pasien tentang kehandalan pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang di Klinik Gigi Swasta Kota Makassar (p = 0.003). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang daya tanggap pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang di Klinik Gigi Swasta Kota Makassar (p = 0.001). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang jaminan pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang di Klinik Gigi Swasta Kota Makassar (p = 0.000). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang empati pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang di Klinik Gigi Swasta Kota Makassar (p = 0.000). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang bukti langsung pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang di Klinik Gigi Swasta Kota Makassar (p = 0.010). Saran: kepada pihak yang terkait untuk memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan minat pemanfaatan ulang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...