NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MEMBACA DI SD INPRES DABOLDING KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG PROVINSI PAPUA

Herlina Gea (SMK Negeri 1 Oksibil Kabupaten Pengunungan Bintang Provinsi Papua)
Yulius Mataputun (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)
Cornelius Tanta (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi gerakan literasi membaca dan faktor pendukung dan penghambatnya di SD Inpres Dabolding Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif rancangan studi kasus, dengan sumber data kepala sekolah, guru kelas, orang tua, komite sekolah, siswa dan dokumen. Peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumen. Peneliti sebagai instrumen utama dilengkapi dengan panduan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas dengan triangulasi (sumber dan teknik), memperpanjang waktu pengamatan, dan diskusi teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Inpres Dabolding Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua, telah mengimplementasikan gerakan literasi membaca yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti sosialisasi gerakan literasi membaca kepada komunitas sekolah, komite sekolah,  pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai,  memberi kebebasan memilih tempat dan jenis buku disukai, membuat perpustakaan ramah anak,  ketersediaan pojok/sudut baca, pajangan hasil karya siswa, membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan,  dan membuat kelas khusus literasi membaca. Beberapa faktor pendukungnya yaitu kebijakan pemerintah/sekolah, ketersediaan buku bacaan di perpustakaan, peran serta orang tua dan komite, Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu keterbatasan tenaga pendidik dan pelatihan khusus GLS/literasi membaca, belum terbentuknya tim GLS/literasi membaca dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NOKEN

Publisher

Subject

Education

Description

NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih. Ruang lingkup jurnal berfokus pada kajian pengelolaan di semua jenjang pendidikan, diterbitkan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan ...