Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus: Jurnal Ilmu Pendidikan

PERAN MUALLAF CENTER DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MUALLAF DI YOGYAKARTA

Topan Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri dalam perpindahan agama muallaf. Subyek penelitian adalah muallaf Center Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data diperoleh dan dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi dengan menggunakan pedoman wawancara dan daftar checklist. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis reduksi data, display / penyajian data dan membuat kesimpulan / verifikasi model interaktif dari Miles & Huberman (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dialami oleh muallaf Center Yogyakarta adalah masalah-masalah keluarga, karir dan pekerjaan, dan terpinggirkan oleh masyarakat lainnya. Para Individu yang memiliki agama konversi "lebih banyak tugas" yang menyesuaikan dari perubahan dalam diri mereka sendiri dan kebiasaan untuk mendapatkan hubungan yang baik dengan orang lain dan lingkungan. Masalah yang terkait dengan perubahan yang paling mendasar hadir dalam kehidupan muallaf setelah memutuskan untuk melakukan konversi agama memerlukan penyesuaian terutama dalam kebiasaan ibadah dan dalam keluarga yang tidak mengkonversi ke iman subjek. Peran Muallaf Center melalui pembinaannya adalah salah satu cara untuk membantu penyesuaian untuk mengkonversi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...