JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 1 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis)

PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Kusworo Kusworo (Universitas Lampung)
Yon Rizal (Universitas Lampung)
Tedi Rusman (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2014

Abstract

The aim of this research is to find out the effect of motivation, discipline, and students' perceptions of utilization of facility in school on learning outcomes of IPS Terpadu class. Method of research uses descriptive verification. Technique analysis uses simple linier regression and multiple linier regression. The results of research showed, (1) There is an influence of motivation learning on IPS Terpadu learning outcomes, (2) There is influence of discipline learning on IPS Terpadu learning outcomes, (3) There is influence of students' perceptions of utilization of facility in school on IPS Terpadu learning outcomes, (4) There is influence of motivation towards learning, discipline towards learning, and students' perceptions of utilization of facility in school to the IPS Terpadu learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin, dan persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian menggunakan deskriptif verifikatif. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4) ada pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata kunci: disiplin, hasil belajar, motivasi, sarana.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...