Tujuan dari penelitian untuk mengetahui efektifitas dari model pembelajaran kooperatif model pembelajaran TPS (Think Pair Share) yang banyak digunakan oleh pendidik hampir semua mata pelajaran dan jenjang pendidikan maka dari itu penulis memilih untuk menyempitkan variabel yang diambil yaitu dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Model pembelajaran TPS (Think Pair Share) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang efektif dan juga model pembelajaran yang tidak membosankan daripada model pembelajaran langsung (ceramah). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik studi literatur yaitu pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dari penelitian-penelitian yang terdahulu dengan memeriksa informasi atau data tentang hasil penemuan yang berbeda dari buku, proposal, berbagai artikel dan jurnal yang berlaku dan dengan topik yang sama. Setelah itu, data yang telah diperoleh, diteliti, dan dipusatkan di dalam dan luar secara efisien dan pada dasarnya kemudian diuraikan secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian ditulis oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dapat mempermudah peserta didik dalam pembelajaran, mampu membuat peseta didik senang dan tertarik mempelajari materi pembelajaran IPS dan model TPS ini sangat efektif diterapkan di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman dan peserta didik antara siklus I dan siklus II. Artinya, dari beberapa penelitian yang sudah diterapkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share ini menunjukkan bahwa dalam Efektifitas belajar yang sudah dimiliki siswa menunjukkan kurang aktif pada siklus I dan pada siklus II menunjukkan kategori aktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022