TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru
Vol. 2 No. 2 (2022)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI RANTAI MAKANAN SDN SOCAH 3

ANDIKA ADINANDA SISWOYO (Universitas Trunojoyo Madura)
EVI NOVITA SARI (Universitas Trunojoyo Madura)
MARIYATUL ULFA (Universitas Trunojoyo Madura)
RITMATUL FIGHTIYAH (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

This classroom action research discusses the Problem Based Learning Model to improve the learning outcomes of fifth graders with food chain material content. In the application by using this learning model students will be asked to solve problems in learning activities. As for the syntax in problem-based learning, namely: directing students to problems, organizing students to learn, investigating individuals and groups, developing works and presenting works, as well as analyzing and developing problem solving processes. Based on the results of the data analysis that the researchers have done, the data shows that there is an increase in the average value at the stage carried out in the first cycle, which is 58.5 to 77.2 in the second cycle stage and the percentage of mastery learning increases to 80%. Learning observation activities carried out by observers in terms of understanding and student learning activities became very good. So with these results, it is hoped that this learning model can be applied as a reference learning model for learning activities in the classroom. ABSTRAKPenelitian tindakan kelas (PTK) ini membahas tentang Model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan muatan materi rantai makanan. Pada penerapan dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa akan di minta untuk menyelesaikan masalah di dalam kegiatan pembelajaran. adapun sintak pada pembelajaran berbasis masalah yakni: orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan karya dan menyajikan karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data yang telah peneliti lakukan di peroleh data bahwasanya adanya peningkatan dari nilai rata-rata pada tahap yang dilakukan pada siklus 1 yakni 58,5 menjadi 77,2 pada tahap siklus 2 serta prsentasi ketuntasan belajar menjadi meningkat yakni menjadi 80%. Kegiatan observasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh observerpun dari segi pemahaman serta aktivitas belajar siswapun menjadi sangat baik. Maka dengan hasil tersebut diharapkan model pembelajaran ini bisa diterapkan sebagai reverensi model pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teacher

Publisher

Subject

Education Other

Description

TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seorang pendidik dan lain ...