Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Vol 3, No 2 DESEMBER (2017): EDUCATIONAL BUILDING

TRANSFORMASI LINIER UNTUK PERSOALAN PROGRAM KUADRATIK NOL-SATU

M Khahfi Zuhanda (Universitas Medan Area, Medan)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2017

Abstract

Program non linier merupakan persoalan yang cukup menarik untuk di bahas oleh matematikawan. Salah satunya program kuadratik nol-satu yang fungsi tujuan dan kendala berbentuk persamaan kuadratik. Program kuadratik nol-satu merupakan kelas khusus dalam pemrograman non-linier karena persyaratan peubah keputusan bernilai nol-satu. Tulisan ini akan mengajukan sebuah teknik untuk menyelesaikan persoalan program kuadratik nol-satu yang dikembangkan oleh Sherali dan Smith. Teknik ini mengubah Quadratic Problems (QP) menjadi kebentuk Bilinier Problems(BP) terlebih dahulu. Akhir dari proses ini mengakibatkan transformasi  program kuadratik nol-satu menjadi persoalan linier nol-satu. Kata Kunci :  integer, linierisasi, nol-satu, program kuadratik  ABSTRACT Non-linear programming is an interesting issue to be discussed by mathematician. One of them is a zero-one quadratic programming, where the objective function and constraints are quadratic equations. The zero-one quadratic programming is a special case in non-linear programming because of the requirement of value variable is zero-one. This paper propose a technique for solving the zero-one quadratic programming problem was developed by Sherali and Smith. This technique converts the Quadratic Problems (QP) into Bilinier Problems (BP) first. The end of this process will transfrom zero-one quadratic programming to zero-one linear programming problem Keywords: Integer, Linearization, Quadratic Programming, Zero-One, 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation Other

Description

Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik bangunan, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan, serta bidang ilmu yang relevan lainnya. Sebelum dipublikasi jurnal ini ...