Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Vol 8, No 1 JUN (2022): EDUCATIONAL BUILDING

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS IX BIDANG KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN

nono sebayang (Universitas Negeri Medan)
Maulidiah Hasanah (Universitas Negeri Medan)
Parlaungan Hutagaol (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  Mengetahui  prosedur pengembangan strategi pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI Bidang Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 Medan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mengetahui kelayakan produk strategi pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung untuk siswa  kelas XI Bidang Keahlian DPIB SMK Negeri 5 Medan.Lokasi penelitian ini dilakukan pada Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahap utama, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrument yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan strategi pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle melalui validasi ahli materi dan ahli media serta penilaian dari siswa (pengguna). Data dianalisis dengan Teknik statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian ini, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 4,5 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil validasi ahli media diperoleh skor 4,6 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian pengguna (siswa) memperoleh skor 4,4 dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Moodle sangat layak digunakan sebagai strategi pembelajaran bagi siswa kelas XI Program Keahlian Desai Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Kata Kunci: Blended Learning, Moodle, Konstruksi dan Utiltas Gedung ABSTRACT This study aimed to: (1) Find out the procedure for developing a blended learning strategy based on Moodle in the subject of Construction and Building Utilities for grade XI students of DPIB Expertise at SMK Negeri 5 Medan in Odd Semester for the Academic Year 2021/2022. (2) Knowing the feasibility of the Moodle-based blended learning strategy product in the subject of Construction and Building Utilities for grade XI students of DPIB Expertise at SMK Negeri 5 Medan. The location of this research was carried out at the Modeling and Building Information Design Expertise Program at SMK Negeri 5 Medan. The method used in this research was Research and Development with the ADDIE development model. The ADDIE model has five main stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The instrument used is in the form of a questionnaire to test the feasibility a blended learning strategies based on  Moodle through the validation of material experts and media experts as well as assessments from students (users). Data were analyzed by descriptive statistical technique. Based on this study, the results of the validation by material experts obtained a score of 4.5 with the category "Very Eligible", the results of the validation of media experts obtained a score of 4.6 with the category "Very Eligible", the results of the user assessment (students) obtained a score of 4.4 with the category “Very Worthy”. So it can be concluded that Moodle-based learning is very feasible to be used as a learning strategy for grade XI students of the Modeling and Building Information Design Expertise Program at SMK Negeri 5 Medan. Keywords: Blended Learning, Moodle, Building Construction and Utilities. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation Other

Description

Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik bangunan, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan, serta bidang ilmu yang relevan lainnya. Sebelum dipublikasi jurnal ini ...