Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Vol 3, No 2 DESEMBER (2017): EDUCATIONAL BUILDING

ANALISA KELAYAKAN RANCANGAN LANSEKAP RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) SUNGAI MATI CISANGKUY BERDASARKAN ASPEK FINANSIAL

Citra Utami (Dosen Pengajar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UMSU, Medan)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2017

Abstract

Rancangan Lansekap Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sungai Mati Cisangkuy merupakan salah satu gagasan penanganan banjir, penataan kembali, dan pemanfaatan sungai mati. Rancangan tersebut berupa dinding penahan banjir, pompa air, pengolahan limbah domestik, dan pemanfaatan tata guna lahan. Analisa dilakukan berdasarkan aspek finansial menggunakan indikator nilai NPV, BCR dan IRR. Analisa kelayakan rancangan tersebut dilakukan untuk menilai apakah rancangan layak direalisasikan. Berdasarkan analisa di atas, dapat disimpulkan bahwa Rancangan Lansekap RTH Sungai Mati Cisangkuy tidak layak Kata Kunci : Analisa Kelayakan, aspek finansial, Lansekap RTH  ABSTRACT RTH Landscape design at Cisangkuy Oxbow Lake is one of the ideas of flood mitigation, rearrangement, and oxbow lake utilization. The design consists of flood retaining walls, water pumps, domestic waste management, and land use utilization. The analysis is based on the financial aspect using NPV, BCR and IRR value. The feasibility analysis is undertaken to assess whether the design is feasible to be realized. Based on the analysis, it is concluded that the design is not feasible. Keywords: Feasibility Analysis, Financial Aspect, RTH Landscape 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation Other

Description

Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik bangunan, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan, serta bidang ilmu yang relevan lainnya. Sebelum dipublikasi jurnal ini ...