Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021

Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Karanganyar Demak

Linda Imawati (Universitas Muria Kudus)
Sucipto Sucipto (Universitas Muria Kudus)
Santoso Santoso (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku anak yang tidak menghargai guru les di desa wonoketingal karanganyar demak, 2. Mendiskripsikan penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling pada anak les di desa wonoketingal karanganyar demak. Perilaku tidak menghargai guru merupakan salah satu sikap yang harus dihilangkan dalam diri. Konseling behavioristik dengan teknik modeling simbolik adalah upaya pemberian bantuan anak untuk mengubah perilaku konseli agar dapat memecahkan masalahnya. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilaksanakan di tempat Majlis Ta’lim Alhusna Sedangkan subjek penelitian ini ada 3 klien yaitu PWR anak  SMP,RMA dan JN anak SMA yang mempunyai masalah tidak menghargai guru, kegiatan ini berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini bahwa proses konseling ditempat belajar les didesa wonoketingal karanganyar demak, sudah mampu mengubah tingkah lakunya dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...