Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 12 No. 2 (2022)

RELEVANSI CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP

Ni Putu Santri Sintia Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Made Rai Wisudariani (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi caption endorsement selebgram sebagai bahan ajar pada materi teks iklan di SMP. Subjek penelitian ini adalah caption endorsement selebgram Fadil Jaidi, Rachel Vennya dan Hanna Maria Winanta. Sedangkan objeknya adalah relevansi caption endorsement selebgram sebagai bahan ajar teks iklan di SMP. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa caption endorsement selebgram memiliki relevansi dengan bahan ajar pada materi teks iklan di SMP kelas VIII. Hal ini dibuktikan oleh keterkaitan caption endorsement selebgram dengan kompetensi dasar pembelajaran teks iklan kelas VIII. Selain itu, keterkaitan dibuktikan dari aspek materi pembelajaran teks iklan, terutama tentang struktur dan kebahasaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...