Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi; (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang; (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VII SMPN Satap 1 Tikep. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, angket kemandirian belajar, tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Subjek dengan kategori kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran  matematis. (2) Subjek dengan kategori kemandirian belajar sedang hanya mampu mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika namun subjek belum mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. (3) Subjek dengan kategori kemandirian belajar rendah hanya mampu memenuhi indikator melakukan manipulasi matematika, namun subjek belum mampu mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan dari pernyataan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022