Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATAP 1 TIKEP

Wa Ode Sriani Latifa (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Sudia (Universitas Halu Oleo)
La Arapu La Arapu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi; (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang; (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas VII SMPN Satap 1 Tikep. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, angket kemandirian belajar, tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Subjek dengan kategori kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran  matematis. (2) Subjek dengan kategori kemandirian belajar sedang hanya mampu mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi matematika namun subjek belum mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. (3) Subjek dengan kategori kemandirian belajar rendah hanya mampu memenuhi indikator melakukan manipulasi matematika, namun subjek belum mampu mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...