Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Model Pembelajaran Generatif (MPG)pada materi Matriks untuk kelas XI SMA yang valid, praktis, dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Objek penelitian ini adalah kualitas e-modul pada materi Matriks berbasis MPG yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket validasi, angket respon peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh validator berdasarkan aspek isi, konstruk dan bahasa dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 83% dan dikategorikan sangat valid. E-modul juga dikatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 73% untuk kelompok kecil (Small group) dan 82% untuk kelompok besar, serta e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 77% dengan memenuhi kriteria baik.
Copyrights © 2022