Majalah Lontar
Vol 34, No 1 (2022): Majalah Lontar

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) PADA MATERI MATRIKS UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Devi Melasari (Universitas PGRI Palembang)
Lusiana Lusiana (Universitas PGRI Palembang)
Yunika Lestaria Ningsih (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Model Pembelajaran Generatif (MPG)pada materi Matriks untuk kelas XI SMA yang valid, praktis, dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Objek penelitian ini adalah kualitas e-modul pada materi Matriks berbasis MPG yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket validasi, angket respon peserta didik dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh validator berdasarkan aspek isi, konstruk dan bahasa dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 83% dan dikategorikan sangat valid. E-modul juga dikatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan hasil penilaian rata-rata sebesar 73% untuk kelompok kecil (Small group) dan 82% untuk kelompok besar, serta e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 77% dengan memenuhi kriteria baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...