Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pengembangan Blog Literasi Membaca untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar

Ela Irnanda (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)
Otang kurniaman (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)
Eva Astuti Mulyani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Dari hasil penelitian PISA dan hasil studi PIRLS menyebutkan bahwa indonesia pada tahun 2012 memiliki budaya literasi dan tingkat kemampuan literasi membaca yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media blog literasi membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar serta mengetahui kelayakan dari media. penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Developmet (RD) dengan model FOUR-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, uji coba produk. Kelayakan media pembelajaran blog literasi membaca diperoleh dari hasil validasi dan uji coba media. Hasil validasi ahli materi dan validasi ahli media pembelajaran memperoleh kategori sangat layak. Uji coba yang digunakan yaitu pretest-postest pada 18 orang siswa dan mendapatkan respon siswa dengan kategori sangat baik. adanya evaluasi didalam blog untuk siswa memudahkan untuk mengukur kemampuan literasi siswa. Maka hasil penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa media blog literasi membaca untuk siswa kelas III Sekolah Dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...