Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Era Merdeka Belajar

E. Mulyasa (Universitas Langlangbuana)
Wiwik Dyah Aryani (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Sistem Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan masalah penting yang sedang hangat dibicarakan, bahkan menjadi agenda utama dalam akreditasi, sehingga perlu dikelola secara profesional. Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendeskripsikan implementasi sistem penjaminan mutu internal di era merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi sistem penjaminan mutu internal di era merdeka belajar pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung, yang berkaitan dengan penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan (PEPP) telah menghasilkan perbaikan secara berkesinambungan. Hal tersebut ditemukan dalam laporan tahunan tentang evaluasi diri yang dijadikan dasar dalam pengembangan rencana strategis, rencana operasional, rencana induk pengembangan, rencana anggaran dan rencana kerja tahunan, namun belum merupakan kesatuan yang utuh. Oleh karena itu direkomendasikan kepada berbagai pihak antara lain bagi Perguruan Tinggi Swasta, agar menggunakan pendekatan sistem sebagai landasan berpikir, cara mengelola, dan cara menganalisis kehidupan lembaga secara utuh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...