Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 2 (2022): May 2022

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan

Rismawati Rismawati (Universitas Borneo Tarakan)
Donna Rhamdan (Universitas Borneo Tarakan)
Ady Saputra (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri006 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Populasi penelitian yakni siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dan sampel diambilmenggunakan Purposive Sampling dari kelas I C berjumlah 28 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data penelitian ini diambil menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 5,918 + 0,994X, dimana signifikansi hubungan ditunjukkan oleh thitung 5,998 > ttabel 2,056. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,762 menunjukkan bahwa antara penggunaan aplikasi zoom cloud meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan berada pada skala hubungan kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil adalah 58,1 % sedangkan sisanya 41,9 % dipengaruhi oleh variabel lain. Hal tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...