Kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu organisasi. Namun tidak semua pimpinan menyadari hal tersebut, tidak jarang pimpinan dibutakan oleh kepentingan pribadi yang merugikan pegawai dan organisasi itu sendiri. Kepemimpinan yang melayani adalah gaya kepemimpinan yang berfokus pada kebutuhan dan pertumbuhan setiap karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan pelayan di Sekolah XYZ Tangerang terhadap kinerja, loyalitas guru/staf dan terciptanya komunitas syalom di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket. Pengolahan data menggunakan analisis jalur dengan software Smart-pls. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kinerja, loyalitas guru/staf, dan terciptanya komunitas syalom.
Copyrights © 2022