Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t dan lembar observasi kreatifvitas siswa, diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran mind mapping diperoleh uji hipotesis dengan uji-t (independent sample t-test) maka diperoleh bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,012. Karena nilai signifikan (probalitas) lebih kecil dari 0.025 maka ditolak dan diterima dan lembar observasi kreativitas siswa mencapai kategori kreatif sebanyak 24 siswa dengan persentase 80% . Jadi, penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang.
Copyrights © 2022