JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar

Suci Rahmasari (Universitas PGRI Palembang)
Treny Hera (Universitas PGRI Palembang)
Rury Rizhardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t dan lembar observasi kreatifvitas siswa, diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran mind mapping diperoleh uji hipotesis dengan uji-t (independent sample t-test) maka diperoleh bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,012. Karena nilai signifikan (probalitas) lebih kecil dari 0.025 maka ditolak dan diterima dan lembar observasi kreativitas siswa mencapai kategori kreatif sebanyak 24 siswa dengan persentase 80% . Jadi, penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...