JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 233 Palembang

Aliyyah Rihhadatul’Aisy (Jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang)
Maharani Oktavia (Jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Powerpoint pada materi pembelajaran IPS Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 233 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan jumlah peningkatan nilai pretest dan posttest sebesar 16,90% hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh yaitu nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel dan nilai sign kurang dari 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelajaran IPS Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 233 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...