Pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang baru untuk saat ini. Kondisi ini terjadi sudah lama, dan banyak digunakan karena dampak pandemi Covid 19. Hambatan belajar akibat pembelajaran jarak jauh dimungkinkan terjadi pada mahasiswa dalam perkuliahan Geometri Analitik. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar mahasiswa yang cukup rendah. Penelitian ini bermanfaat untuk memaparkan hambatan belajar yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh. Subyek yang digunakan adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FIP UPH dengan 41 mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar yang muncul adalah karena kurangnya manajemen waktu, kurang fokus, rasa bosan, kondisi lingkungan, jaringan internet, keterbatasan wifi/kuota internet dan lainnya. Implikasi dari penelitian ini adalah agar dosen dapat menentukan model pembelajaran yang terbaik untuk pembelajaran selanjutnya.
Copyrights © 2022