Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang

Nova Ariyanti (Universitas PGRI Palembang)
Marleni Marleni (Universitas PGRI Palembang)
Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Hal yang menjadi latar belakang peneliti menganalisis faktor penghambat membaca permulaan karena dari 33 siswa terdapat 20 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 Palembang yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu malas belajar karena siswa tidak minat dalam belajar dan autisme, sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian orang tua, tidak mengikuti pendidikan taman kanak – kanak (TK), tidak mengikuti les, dan kurangnya jam pelajaran disekolah karena masih dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...