Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ppkn Kelas IV SD Negeri 137 Palembang

Dona Elfira (Universitas PGRI Palembang)
Farizal Imansyah (Universitas PGRI Palembang)
Treny Hera (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan pada pembelajaran PPKN dilihat dari nilai ulangan harian siswa dan nilai  KKM di bawah rata-rata  siswa di SD Negeri 137 Palembang yaitu 65, sehingga siswa kurang memahami pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari, peneliti membahas faktor-faktor kesulitan dalam pembelajaran PPKN dengan memberikan tes sebagai alat ukur untuk mengetahui bentuk kesulitan nyata yang ditimbulkan dari siswa sendiri, lingkungan dan sekolah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif kuantitatif dan pembahasan yang diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari dari tiga (3) indikator kesulitan belajar yaitu siswa kesulitan dalam mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 76% kriteria tinggi, kesulitan dalam menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 58% kriteria cukup dan kesulitan dalam membedakan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 14% dengan kriteria sangat rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...