Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII Mts YPNH Tanah Abang

Rindi Atika (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII MTS YPNH Tanah Abang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sampel pada penelitian ini diperoleh dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan media audio visual dalam kemampuan menulis teks eksplanasi adalah 76,44 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan media audio visual nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 61,06. Untuk uji hipotesis diperoleh thit = 2.158 dan p-value = 0,043/2 = 0,0215 ? 0,05 atau H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII MTS YPNH Tanah Abang. “

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...