Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 138 Palembang

Neni Testiani (Universitas PGRI Palembang)
Erfan Ramadhani (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV.A dan guru kelas IV.A. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.  Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini melalui tes dan wawancara guru dan siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan ditemukan ada 4 kesulitan dalam memahami materi pecahan yaitu kesulitan meneyderhanakan pecahan, kesulitan mengartikan pecahan, kesulitan pecahan berpenyebut tidak sama, dan kesulitan pecahan berpenyebut sama. Selain itu faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar matematika materi pecahan ada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersal dari luar siswa. Salah satunya yaitu faktor lingkungan sekolah bisa menyebabkan kesulitan belajar matematika materi pecahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...