Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Lala Eriska (Universitas PGRI Palembang)
Hetilaniar Hetilaniar (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis inkuiri materi suhu dan kalor kelas V yang dapat digunakan di Sekolah Dasar untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu siswa agar mudah memahami pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Palembang kelas V penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan R&D (Recearch and Development) yang menggunakan model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah berupa. Teknis analisis data yaitu analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan, teknik pengumpulan yang digunakan berupa dokumentasi dan angket. Angket yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan angket respon siswa menggunakan kelompok kecil (small group). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital berupa e-modul berbasis inkuiri yang digunakan pada jenjang Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli media 92,5%, ahli bahasa 85%, ahli materi 90,38%, dan hasil uji coba kelompok kecil (small group) 90,17% katergori sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...