JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, April 2018

PENGEMBANGAN MODUL PROGRAMME LIFE CYCLE (PLC) UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS DI LKP BUANA BORDIR COURSE (BCC)

Rofik Jalal Rosyanafi (Universitas Narotama)
Yatim Riyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat belajar mandiri yang berupa Modul Programme Life Cycle (PLC) untuk meningkatkan profitabilitas di LKP Buana Bordir Course (BBC). Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan ADDIE yang merupakan kependekan dari Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan  dan  Evaluasi.  Fokus  pengembangan  menyangkut  dari  sisi  materi  dan  kegrafikaan. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan LKP Buana Bordir Course (BBC), yang tidak lain merupakan pengguna dari modul yang akan dikembangkan. Desain pengujian perangkat yang berupa modul pada penelitian dan pengembangan kali ini menggunakan pola One- Shot Case Study. Analisis yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian kali ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Skor  rata-rata  dari keseluruhan ahli terhadap produk yang telah dikembangkan menunjukkan 3,27 yang secara kriteria, Pada skor tes terkait dengan perolehan profitabilitas lembaga yang setelah menggunakan dan mengimplementasikan materi yang ada di dalam modul yang telah dikembangkan, menunjukkan 40% pada bulan pertama, 45% pada bulan kedua dan 72% pada bulan ketiga dengan rata- rata 52,4%. Perolehan tersebut, cukup meningkat bila dibandingkan dengan 3 bulan sebelum penerapan modul yang telah dikembangkan dengan hanya rata-rata 33%. Berangkat dari analisis tersebut, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengembangan Modul Programme Life Cycle (PLC) cukup berhasil dengan lebih meningkatnya Profitabilitas di LKP Buana Bordir Course (BBC) jika dibandingkan dengan Modul Programme Life Cycle (PLC) sebelum dikembangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...