Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMK TUNAS PELITA BINJAI

Fadillah Helmi (STKIP Budidaya)
muhazir muhazir (Unknown)
Rabukit Damanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Fenomena yang sering terjadi dalam hal memilih karir di kalangan peserta didik adalah bahwa peserta didik tingkat SMK yang seharusnya telah memiliki  perencanaan karir, faktanya peserta didik masih merasa bingung tentang perencanaan karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang relevan antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas XI  di SMK Tunas Pelita Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi, instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner berupa skala likert. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Tunas Pelita Binjai sebanyak 220 siswa dan sampel penelitian sebanyak 55 siswa. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepercayaan diri dan perencanaan karir berada pada kategori “sedang”. Hasil pengujian hipotesis membuktikan terdapat hubungan yang relevan antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK Tunas Pelita Binjai” yang dilihat dari nilai ????h???????????????????? > nilai ???????????????????????? yaitu 0,503> 0,260 dan nilai signifikansi 0,01< 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi perencanaan karir. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...