Fenomena yang sering terjadi dalam hal memilih karir di kalangan peserta didik adalah bahwa peserta didik tingkat SMK yang seharusnya telah memiliki perencanaan karir, faktanya peserta didik masih merasa bingung tentang perencanaan karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang relevan antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas XI di SMK Tunas Pelita Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi, instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner berupa skala likert. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Tunas Pelita Binjai sebanyak 220 siswa dan sampel penelitian sebanyak 55 siswa. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepercayaan diri dan perencanaan karir berada pada kategori “sedang”. Hasil pengujian hipotesis membuktikan terdapat hubungan yang relevan antara kepercayaan diri dengan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK Tunas Pelita Binjai” yang dilihat dari nilai ????h???????????????????? > nilai ???????????????????????? yaitu 0,503> 0,260 dan nilai signifikansi 0,01< 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi perencanaan karir.
Copyrights © 2022