Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pelaksanaan pembelajaran daring dengan metode asynchronous learning efektif di UPT SPF SMP Negeri 53 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan metode Asynchronous Learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII.C UPT SPF SMP Negeri 53 Makassar dengan ukuran ketuntasan KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII.C pada semester genap ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada semester ganjil terdapat 10 siswa yang nilainya di bawah standar KKM dengan nilai rata-rata siswa 82,4 sedangkan pada semester genap ini hanya ada 6 siswa yang nilainya di bawah standar KKM dengan nilai rata-rata siswa 86,5. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa jika dilihat perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada semester genap maka pembelajaran daring dapat dikatakan telah efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021