Jurnal Konsepsi
Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Konsepsi (Mei)

Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran PAI melalui Pendampingan Siswa di Luar Jam PBM di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang

Nurdin Nurdin (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)
Masmuddin Masmuddin (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)
Mahadin Shaleh (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Adapun yang menjadi bahasan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan Peningkatan Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI Dengan Melakukan Pendampingan di Luar Jam PBM Di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, 2) Faktor apakah yang menghambat peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Leppangang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif sederhana yang menganalisis data secara mendalam berdasarkan persentase. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi: library research dan field research sedangkan dalam menganalisis data terdiri dari: a. Metode induktif. b. Metode deduktif c. Metode komparatif, dan d. Distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitian yakni: 1. Bentuk-bentuk kegiatan untuk peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI dengan melakukan pendampingan di luar jam PBM di pondok pesantren darul istiqamah leppangangg kecamatan ponrang kabupaten Luwu adalah: Melakukan Pengkajian Al-Qur’an secara rutin/Tafsir Lafdziah Al-Qur’an, mengadakan latihan berceramah/Pidato (Muhadharah), Ceramah setelah shalat subuh. 2. Faktor yang menghambat peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI di pondok pesantren Darul Istiqamah Leppangangg Kecaman Ponrang Kabupaten Luwu adalah: Kurangnya perhatian siswa terhadap materi pendampingan yang diberikan, kurangnya perhatian dan dukungan orang tua terhadap pendidikan anaknya, dan minimnya waktu yang diberikan untuk pendampingan yang berkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan saran-saran dari penulis yaitu: 1. Kepada seluruh pihak sekolah agar lebih memperhatikan pengetahuan agama santri sebagai bekal dalam menjalani kehidupan. 2. Sebagai penanggung jawab pendidikan yakni orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga sekolah hendanya memahami apa saja kebutuhan anak/santri, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan memajukan kualitas pendidikan siswa, terutama dalam pendidikan agama yang sangat dibutuhkan oleh setiap anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...