Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 1, No 2 (2021)

PENCAMPURAN WARNA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKANPENGENALAN WARNA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Christina Tri Suprihani (TK Negeri Sendangmulyo Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pendekatan saintifik di taman Kanak-Kanak dapat dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan bagi anak melalui pengamatan, menanya,mengumpulkan informasi, penalaran, dan mengkomunikasikan sesuai pengetahuan anak.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan pengetahuan warna dan ketrampilan pencampuran warna serta perubahan prilaku anak TK Negeri Sendangmulyo dengan pendekatan saintifik.Pendekatan yang digunakan penelitian ini dengan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini lebih mengutamakan deskriptif analistik untuk memecahkan konsep-konsep didalamnya.Dengan mengandalkan pengamatan,peran serta ( partisipant observation ), dan wawancara pendalaman ( indeth interwiew) sebagai instrumen. “ ( Bogdan.1982:13 )Dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 PAUD, hasil belajar anak mengalami peningkatan baik dalam pengetahuan dan ketrampilan anak dalam mencampur warna serta perubahan prilaku anak yang semakin antusian dalam pembelajaran mengenal warna dengan suasana yang asyik dan menyenangkan bagi anak. Sehinga dapat mencapai ketuntasan belajar anak sesuai KKM yang ditetapkan.Kata Kunci: Saintifik, bermain, warna

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...