Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MORAL SISWA KELAS 4 SDN UNDAAN KIDUL 01 DEMAK

Lu’luatuz Zuafah (Universitas PGRI Semarang)
Kiswoyo Kiswoyo (Universitas PGRI Semarang)
Ferina Agustini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin canggih menghadirkan suatu permainan dalam suatu jaringan internet (game online). Dan saat ini game online sudah memasuki pada dunia anak, hal tersebut dapat dilihat dari maraknya siswa sekolah dasar yang menggunakan game online. Kegiatan bermain  Game online tentunya memberikan suatu dampak tersendiri bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana tingkat kecanduan dalam bermain game online dan untuk mendeskripsikan dampak game online  terhadap moral siswa pada siswa kelas 4 SDN Undaan Kidul 01 Demak. Jenis penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecenderungan untuk bermain game online dengan perolehan terbanyak 85% atau 17 siswa ketagihan game online dan 70% atau 14 siswa siswa yang semakin hari semakin lama untuk bermain game online. Tingkat kecanduan siswa dalam bermain game online yaitu rata-rata setiap hari dalam seminggu dengan persentase terbanyak diperoleh 60%, dan rata-rata 5 jam lebih dalam sehari dengan presentase terbanyak diperoleh 55%. Dan dalam bermain game online terdapat dampak terhadap moral siswa. Dimana lebih banyak didapatkan dampak negatif daripada dampak positif. Adapun dampak positifnya yaitu siswa dapat berpengalaman dan memiliki keterampilan dalam bidang ilmu teknologi dan dapat dijadikan sebagai hiburan untuk siswa. Sedangkan dampak negatifnya yaitu tingkat emosional siswa meningkat dan sulit terkontrol, siswa menjadi lupa waktu, siswa suka minta uang keperluan untuk game online, siswa menjadi suka berbohong (tidak jujur), siswa kurang peduli dengan lingkungan sekitar, mengganggu kesehatan siswa, dan siswa menjadi pemalas dan sering mengabaikan kegiatan penting lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...