Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI KELAS IV SD N 3 BANJARSARI

Anggita Larassanti (Unknown)
Muhammad Arief Budiman (Unknown)
Ariestika Damayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada ibu Ela Astutik, S.Pd., Guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SD N 3 Banjarsari, beliau mengatakan bahwa proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris sangat berpengaruh untuk guru, siswa, dan orang tua. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran Bahasa Inggris di masa pandemi bagi guru, siswa, orang tua dan prosesnya di SD N 3 Banjarsari? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa inggris SD N 3 Banjarsari dimasa pandemi dan pengaruh bagu guru, siswa, orang tua. Metode penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mapel Bahasa Inggris, orang tua, dan siswa kelas IV SD N 3 Banjarsari. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara,dan angket. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pengaruh proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris yaitu memiliki beberapa pengaruh untuk guru,siswa,dan orang tua. Pengaruh untuk guru pada proses pembelajaran daring dan luring adalah pada pembelajaran daring guru dibuat sibuk untuk menyiasati pelaksanaan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.  Lalu pengaruh bagi siswa pada hasil belajar yaitu nilai rata –rata pembelajaran daring dan luring didapat hasil pada pembelajaran luring nilai rata-rata siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa inggris adalah 91,selanjutnya pada nilai pembelajaran daring nilai rata- rata siswa yaitu 79,31. Lalu pengaruh bagi orang tua yaitu tugas menjadi bertambah karena harus mendampingi anak saat proses pembelajaran berlngsung. Berdasarkan hasil penelitian ini saran dapat disampaikan adalah adalah guru hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat membuat kondisi belajar efektif dan berinovasi,sedangkan sekolah hendaknya lebih memfasilitasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pembelajaran daring, dan guru dapat memberikan motivasi kepada siswa pada saat pembelajaran agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi walaupun dilakukan secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...