Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IIIB SD SUPRIYADI SEMARANG

Wisik Agung Novanto (Universitas PGRI Semarang)
Fine Reffiane (Universitas PGRI Semarang)
Karsono Karsono (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 8 kelas III SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IIIB SD Supriyadi Semarang sebanyak 27 terdiri dari 11 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Variabel bebas Model Problem Based Learning, variabel terikat partisipasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi serta hasil belajar siswa pada tema 8 kelas IIIB SD Supriyadi Semarang. Pada prasiklus skor nilai keaktifan peserta didik sebesar 2,85. Setelah dilakukan tindakan dalam tiga siklus keaktifan siswa meningkat menjadi 3,67. Saran dari peneliti, pendidik perlu menggali dan berlatih ketrampilan bertanya tingkat tinggi yang mampu mengungkap dan menggali nilai yang ada dalam diri peserta didik serta guru harus mampu berkreativitas dalam menggunakan media yang tersedia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...