Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Septiana Puji Wahyuningsih (Universitas PGRI Semarang)
M. Arief Budiman (Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnama Sari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Saat ini pandemi covid-19 telah menghambat proses pembelajaran secara tatapmuka di sekolah, untuk mengurangi hambatan tersebut pembelajaran secara online menjadi suatu cara yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mengatasi masalah tersebut. Menjelaskan sebuah materi membutuhkan pendalaman yang lebih dalam, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Diwaktu pandemi covid-19 saat ini banyak guru yang memanfaatkan media pembelajaran untuk digunakan dalam pertemuan jarak jauh yaitu dengan cara pembelajaran secara online. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa (Hamalik, 1986; Budiman dkk, 2020; Safitri dkk, 2019). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara  membuat siswa memahami materi bahasa Inggris melalui pemanfaatan media pembelajaran Youtube, untuk mengetahui media pembelajaran youtube bermanfaat terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono (2012:15) Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi,analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti pembelajaran bahasa Inggris berlangsung dalam  tiga tahap yaitu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemanfaatan youtube terjadi pada tahap kegiatan inti, pada tahap kegiatan inti peneliti menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan  media youtube melalui zoom, video pembelajaran bahasa Inggris yang ditayangkan dalam pembelajaran bahasa inggris tentang materi “Toys”. Pemanfaatan media pembelajaran youtube dalam pembelajaran online bahasa Inggris dikelas II SDN Mojoagung 01 menunjukkan bahwa media youtube memiliki manfaat terhadap pemahaman siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...