Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Pengaruh Kedisiplinan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa

Arini Sulistiawati (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)
Ilham Syahrul Jiwandono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kedisiplinan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Di Gugus 4 Wakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex postfacto, metode yang digunakan adalah kausal komparatif. Penelitian ini dilakukan pada 2 SD yaitu SDN 4 Wakan dan SDN 5 Wakan kelas V, kedua kelas tersebut diberikan angket dan dilakukan wawancara serta observasi awal. Nilai kedisiplinan siswa kelas V SDN 4 Wakan dan SDN 5 Wakan mencapai 81,541 dalam kategori tinggi. Nilai perhatian orang tua siswa kelas V SDN 4 Wakan dan SDN 5 Wakan mencapai 69,708 dalam kategori tinggi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Wakan mencapai 77,345 dan SDN 5 Wakan Mencapai 73,553. Dari hasil analisis data yang dilakukan bahwa data berdistribusi normal dapat dilihat pada pada hasil uji hipotesis bahwa nilai probabilitas signifikansi hasil uji-F adalah 0.343 > 0.05, Dengan demikian hipotesis Ha diterima yang menyatakan ada pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...