Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang

Ririn Marcela (Universitas PGRI Palembang)
Muhamad Idris (Universitas PGRI Palembang)
Kiki Aryaningrum (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang yang valid dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D). Metode yang digunakan mengacu pada model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh validator media, bahasa dan 2 validator materi diperolehan skor mencapai 80,3% dengan kategori valid. Kepraktisan yang dilakukan dengan melakukan uji coba one to one memperoleh skor 81,5 % dan uji coba small group 82,2% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menyatakan media permainan ular tangga yang layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...